Virus Yang Berkembang Saat ini Serta Penanganannya

Virus yang Berkembang dan Penanganan

1. WIN32/Ramnit.A
Virus ini terkenal bandel, dan cukup lama membuat pengguna internet terganggu. Ada cukup banyak laporan komputer yang terjangkit Ramnit masuk ke technical support Eset Indonesia. Virus berjenis trojan ini relatif sulit disingkirkan. Tip dari Technical Support Eset Indonesia adalah lakukan update scan via safe mode atau gunakan sysrescue.
2. LNK/Autostart.A
Nama lain Win32/CplLnk.A, yaitu threat yang dibuat secara khusus. Ketika seseorang membuka sebuah folder yang berisi malware shortcut dengan menggunakan aplikasi yang menampilkan shortcut icon, maka malware tersebut akan aktif secara otomatis.
3. Win32/Ramnit.F
Malware berjenis trojan ini mampu meng-copy dirinya yang akan memenuhi hard drive komputer yang terinfeksi. Virus ini biasanya bersembunyi di dalam aplikasi office, bahkan game. Dengan kemampuannya membuka firewall dan menyamar menjadi program palsu untuk mengumpulkan data penting seperti data transaksi, data keuangan sehingga sangat dianjurkan untuk segera menghapusnya, karena berpotensi menghambat kerja komputer dan merusak data yang tersimpan di dalamnya.
4. HTML/frame.B.Gen
Sejenis trojan yang berbahaya, dan mampu membajak komputer berbasis Windows lalu menginstall backdoor di komputer tersebut. Malware ini mampu mematikan software antivirus, sekaligus memonitor aktivitas browsing user, bahkan menghapus registry entries. Serta bisa mengakibatkan sistem operasi pada komputer tidak mampu bekerja sama sekali sehingga sangat membahayakan keamanan semua data yang tersimpan didalam komputer.
5. Win32/Sality.NBA
Salah satu program jahat ilegal yang ada pada Windows. Program tersebut mampu mangambil alih resources system dan memperlambat kinerja komputer. Beberapa program sejenis seringkali muncul dalam bentuk pesan-pesan maupun banner iklan sehingga mengganggu proses kerja. Sementara itu, malware ini juga merusak data yang tersimpan di dalam komputer.
6. Adware.BL
Geographical Distribution of Threat "AdWare.bl"
Geographical Distribution of Threat “AdWare.bl”
Sebuah ancaman keamanan baru yang dikenal sebagai Adware.BL telah ditemukan oleh Security Expert pada agustus 2013 (symantec.com). Jenis ancaman keamanan ini dapat menyebabkan kerugian bagi komputer Anda jika Anda tidak memiliki antivirus yang baik terinstal pada komputer Anda. Sebuah Software Antivirus yang baik akan mencegah Adware.BL dari yang diinstal dan dijalankJan pada komputer Anda. Berikut akibat yang dihasilkan apabila terkena virus tersebut :
  • Komputer Menjalankan Lambat
  • Program Gagal Buka expecially semua file exe
  • Tidak dapat terhubung ke Internet
  • Virus Scanner palsu yang tidak akan menutup
Ada banyak lagi, tetapi ini biasanya merupakan gejala dari komputer Anda terinfeksi Adware.BL atau beberapa jenis Virus dan Spyware atau . Untuk melindungi komputer terbaik anda dari terinfeksi . Pastikan untuk menjalankan Scan Virus dan Scanner Spyware di Komputer. Antivrus yamg sudah dapat dibersihkan dengan symantec dan kaspersky yang sudah diperbaharui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keamanan Jaringan

Definisi Keamanan Sistem Informasi

Ancaman Keamanan Sistem Informasi